Jumat, 28 Januari 2011

Variasi Baru Font Anda

Posted by D'an FaQa 01.40, under | No comments

Apakah Anda sudah bosan dengan font pada komputer Anda ? Bentuknya yang itu-itu saja membuat kita menjadi bosan. Tentunya kita ingin variasi yang baru agar font pada komputer tidak terlihat membosankan. Di sini saya akan menjelaskan bagaimana cara mengubah font pada komputer beserta situs-situs yang menyediakan font gratis. Berikut selengkapnya.

Sebelumnya kita harus menentukan dan men-download jenis font yang diinginkan melalui situs di bawah ini.

Prosedur Instalasi
Setelah kita men-download font dari salah satu situs di atas, kita harus meng-install font tersebut pada komputer kita agar kita dapat menggunakannya. Sebagai contoh, saya akan meng-install font bernama Flashit. Setelah kita men-download font itu maka akan didapat file font berekstensi *.ttf, misalnya flashit.ttf. Klik kanan file tersebut kemudian pilih Install untuk memulai proses instalasi.install-in-context-menu Lalu proses instalasi pun akan segera berlangsung seperti terlihat di bawah ini. install-fontLamanya proses instalasi tergantung dari ukuran font.
Bila ternyata Anda tidak menemukan pilihan Install pada context menu, cobalah copy file font tersebut dan paste pada C:\Windows\Fonts.
Apabila ternyata cara di atas juga masih gagal, coba buka C:\Windows\Fonts kemudian klik File pada menu bar lalu pilih Install New Font. install-new-font-under-file-menuNanti kita akan diminta untuk mencari dan memilih font yang ingin di-install.
Uji Coba
Untuk membuktikan keberhasilannya, marilah kita membuka salah satu aplikasi office yang mendukung penggunaan font. Pada kesempatan kali ini saya akan menggunakan Microsoft Office Word untuk mengetesnya. Pada menu drop-down pemilihan font, pilihlah font yang Anda download tadi. choose-font-in-word-2007Setelah itu, coba tuliskan suatu kata untuk membuktikan apakah font tersebut betul-betul dapat bekerja.flashit-font
Selain itu, font ini juga dapat digunakan untuk menambahkan dukungan penulisan bahasa asing. Misalnya saat Anda membuka suatu halaman web berbahasa asing dengan browser maka browser tersebut akan menampilkan suatu karakter aneh, kotak-kotak, dll. unknown-languageItu artinya komputer Anda belum terdapat font yang dapat menampilkan penulisan bahasa tersebut. Caranya download dan install font yang sesuai dengan bahasa tersebut. Untuk font semacam itu, Anda dapat men-download font tersebut melalui Omniglot seperti yang telah diuraikan di atas. Mengingat banyaknya bahasa di dunia ini, saya menyarankan untuk meng-install font yang hurufnya menggunakan huruf khusus saja seperti huruf Arab, Mandarin atau Jepang. Bagi Anda yang ingin mengubah font pada Symbian OS 3rd, silakan baca artikel saya tentang Ubah Font pada Symbian OS 3rd. (infini3.co.cc)

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive

Blog Archive